Monitoring jaringan dengan SNMP di debian server

Monitoring jaringan dengan SNMP di debian server
Assalamu'alaikum wr wb

A. Pendahuluan
 Hai temen temen, apa kabar ? semoga sehat selalu ya, disini kita akan belajar tentang monitoring jaringan di debian server.

B. Latar Belakang
 Seorang administrator jaringan tidak hanya di tuntuk untuk mengkonfigurasi jaringan dengan baik namun juga dituntut untuk bisa melakukan monitoring dan maintenance jaringan dengan baik agar bisa mengetahui keadaan jaringan dalam kondisi up atau down. Berikut ulasannya,

C. Pembahasan
 Untuk melakukan monitoring jaringan kita bisa memanfaakan dua hal, yaitu utilitas ping dan SNMP. Jika kita memanfaatkan utilitas ping, maka kita hanya akan mengetahui kondisi dari sebuah perangkat jaringan apakah dalam kondisi up atau down, sedangkan jika kita menggunakan protocol SNMP, selain dapat mengetahui kondisi perangkat jaringan apakah up atau down, kita juga bisa mengetahui beberapa informasi lain yang penting. Seperti utilitas dari cpu, memory, merek perangkat, tipe perangkat, trafik yang terbaca pada setiap port, versi sistem operasi yang digunakan, dll. Berikut langkah nya.

1) Install snmp nya seperti di bawah ini.


2) Selanjutnya kita edit snmp nya seperti di bawah ini, lakukan perubahan pada beberapa teks seperti pada gambar


3) Restart snmp nya dengan perintah yang ada di bawah ini.

4) Selanjutnya untuk melakukan pengujian, kita bisa memanfaatkan perintah snmpwalk. Perhatikan hasil pengujian yang ditunjukkan gambar

Intinya, jika saat kita melakukan pengujian menggunakan snmpwalk dan telah muncul keluaran yang sangat benyak seperti diatas, itu tandanya kita sudah selesai dan berhasil melakukan konfigurasi SNMP.

D. Kesimpulan
 Dengan snmp kita bisa mengetahui lebih detail jaringan nya, nah agar sobat semuanya lebih gampang dalam memonitoring nya maka sobat harus installasi dan konfigurasi cacti untuk melakukan monitoring jaringan menggunakan antarmuka yang menarik dan interactive (GUI) yang akan saya ulas di kesempatan berikutnya.

E. Penutup
 Baik sobat semuanya, pada kesempatan kali ini hanya itu yang bisa saya sampaikan kepada kalian, semoga ada manfa'atnya, Sekian dari saya Wassalamu'alaikum wr wb
Share This :
Akmal Taufiq

Penulis adalah seorang Siswa di salah satu SMK di Tasikmalaya yang bernama Akmal Taufiq, Lahir dan bertempat tinggal di Kota Tasikmalaya.