Konfigurasi DNS Server di MikroTik

Konfigurasi DNS Server di MikroTik
Assalamu'alaikum wr wb

A. Pendahuluan
 Kembali lagi dengan saya yang pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang DNS Server pada MikroTik.

B. Latar Belakang
 DNS (domain name system) sangat lah berfungsi bagi sebuah jaringan yang mana fungsi utamanya adalah memetakan ip address menjadi sebuah domain domain untuk mempermudah mengakses nya, bagaimana cara mengaur DNS pada mikrotik ? berikut ulasannya.

C. Pembahasan
 Sobat semuanya, ada dua cara untuk mengkonfigurasikan DNS pada mikrotik, yaitu dengan command line atau dengan winbox, berkut langkahnya.

1. Via Terminal (Command Line )

2.  Untuk lebih mudahnya anda dapat menggunakan Winbox untuk mengkonfigurasi DNS Server di Mikrotik melalui menu IP --> DNS --> tombol Settings, maka akan muncul tampilan seperti ini :

 Oke temen temen, bisa kita lihat apa sih fungsi Allow Remote Requests itu ? kenapa di centang ? fungsinya adalah menjadikan Mikrotik anda sebagai DNS Server juga, sehingga nantinya konfigurasi DNS pada komputer user cukup diarahkan ke Router Mikrotik, dan tidak lagi diarahkan ke DNS Server milik Google ataupun ISP, atau lainnya.

D. Kesimpulan
 Nah temen temen, dengan begitu user yang ada pada jaringan tersebut sudah bisa koneksi ke internet, dan saya sarankan untuk membuat DNS nya lebih dari satu.

E. Penutup
 Oke sobat semuanya, dari saya di cukupkan sekian, semoga ada manfa'atnya, Sekian dari saya Wassalamu'alaikum wr wb
Share This :
Akmal Taufiq

Penulis adalah seorang Siswa di salah satu SMK di Tasikmalaya yang bernama Akmal Taufiq, Lahir dan bertempat tinggal di Kota Tasikmalaya.