Mengatasi Ping Mikrotik Invalid value for argument address

Mengatasi Ping Mikrotik Invalid value for argument address
Assalamu'alaikum wr wb

A. Pendahuluan
 Hai temen temen semuanya, apa kabar kalian ? Semoga sehat selalu ya, disini saya akan sharing mengenai masalah yang kerap di temukan pada mikrotik.

B. Latar Belakang
 Pernahkah kalian mengalami errorr ketika ping dari mikrotik ? berikut error dan penjelasannya.

C. Pembahasan
 Errorr yang saya temukan seperti ini,


Kira kira kenapa ya ? jawabannya adalah Pesan error seperti di atas bisa muncul ketika ada kesalahan pada konfigurasi dns, ip-address, dan mac-address yang kita tidak sadari tiba-tiba terjadi. Hal ini sering terjadi ketika kita menggunakan konfigurasi DHCP Client untuk konek ke sumber internet berikut penyelesaiannya.














1. Login ke mikrotik via winbox
2.  Masuk ke IP --> DHCP Client --> Klik tombol Release, Maka Konfigurasi IP address yang lama akan dihapus dan Mikrotik akan meminta konfigurasi IP Address terbaru ke sumber internet.
3. Coba cek ping lagi ke google.com. Pesan error Invalid value for argument address sudah tidak muncul lagi dan ping pun dapat reply dari server google.com


D. Kesimpulan
 Nah sobat semuanya, jadi dapat kita simpulkan bahwa mikrotik tersebut sudah loss dari internet nya, maka solusi nya di perbarui DHCP Client nya.

E. Penutup
 Oke temen temen, hanya itu yang bisa saya sampaikan hari ini, semoga ada manfa'atnya, Sekian Wassalamu'alaikum wr wb
Share This :
Akmal Taufiq

Penulis adalah seorang Siswa di salah satu SMK di Tasikmalaya yang bernama Akmal Taufiq, Lahir dan bertempat tinggal di Kota Tasikmalaya.

avatar

apa ada cara lain, karena saya tidak pakai dhcp server maupun dhcp client

Delete May 8, 2021 at 11:28 AM