NTP Server di debian sever

NTP Server di debian sever
Assalamu'alaikum wr wb

A. Pendahuluan
 Hai temen temen, selamat datang di blog saya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang NTP Server pada Debian Server.

B. Latar Belakang

 Sebuah jaringan baik skala kecil maupun skala besar akan sangat membutuhkan sinkronisasi waktu, andai saja tidak ada sinkronisasi antara server dengan client maka akan menjadi sebuah masalah, contoh nya adalah ketika bos menyuruh kita untuk mengumpulkan proyect tepat pada jam sekian kemudian waktu yang ada antara server dengan client nya berbeda, tentu akan sangat merepotkan, nah disini kita akan bahas itu

C. Pembahasan
 Temen temen. NTP Adalah sebuah protocol jaringan untuk memyinkronkan waktu sehingga dalam jaringan tersebut pengaturan waktu antara server dan client sama, yang mana client ini mengkuti server, berikut langkah nya.

1). Install aplikasi ntp server dengan perintah apt-get install ntp


2). Konfigurasikan file ntp --> nano /etc/ntp.conf 


3) Kasih pagar pada seluruh baris berkotak merah di bawah.


4) Tambahkan subnet ip lokal kita yang akan di samakan waktu nya.


5) Restart NTP server

6) Sinkronkan waktu dengan perintah #ntpq -p dan lihat waktu dengan perintah #date
 

D. Kesimpulan
 Nah temen temen, jadi dengan NTP Server ini memungkinkan untuk client semuanya bisa mendapatkan waktu yang sama seperti yang ada di server, dan perlu kita ketahui bahwa ntp server adalah salahsatu protocol tertua.

E. Penutup
 Nah baiklah temen temen, mungkin dari saya hanya itu yang bisa saya sampaikan kepada kalian, semoga yang saya sampaikan ini bisa bermanfa'at untuk semuanya,
Sekian dari saya Wassalamu'alaikum wr wb
Share This :
Akmal Taufiq

Penulis adalah seorang Siswa di salah satu SMK di Tasikmalaya yang bernama Akmal Taufiq, Lahir dan bertempat tinggal di Kota Tasikmalaya.