Disable login root ssh di debian

Disable login root ssh di debian
Assalamu'alaikum wr wb
A. Pendahuluan
 Selamat datang kembali di blog saya temen temen, pada kesempatan kali ini saya akan mnulis artikel tentang tutorial cara menonaktifkan atau men disable login sebagai user root ssh di debian  server
B. Latar Belakang
 User root merupakan user yang memiliki hak akses tertinggi pada sebuah server Tentu akan sangat berbahaya jika password user root diketahui oleh
orang lain yang tidak bertanggungjawab dan bisa masuk ke server kita dengan menggunakan user tertinggi tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada temen temen semuanya bagaimana cara mendisable kan login sebagai root agar server kita lebih aman
C. Pembahasan
 Saat kita melakukan remote ke server menggunakan ssh ataupun telnet, maka username, password dan perintah-perintah yang kita gunakan akan dikirimkan melalui jaringan dalam bentuk terenkripsi (semacam kata sandi), namun meskipun demikian bukan berarti tidak mungkin untuk mememecahkan dan membaca enkripsi tersebut, Jika password root sampai bisa dibaca oleh orang lain, akan sangat fatal akibatnya. Oleh sebab itu, kita harus menghindari melakukan remote access menggunakan user root.
Berikut langkah langkah nya :
pastikan anda sudah menginstall SSH, jikalau belum silahkan kunjugji terlebih dahulu postingan saya yang lalu klik disini
  •  masuk ke server lalu masuk ke mode root, masukan perintah nano /etc/ssh/sshd_config untuk mengkonfigurasikan pengaturan ssh nya
  •  Perhatikan gambar di atas, anda ubah dan sesuaikan pada baris yag di kasih kotak seperti di atas, perintah di atas adalah untuk menghilangkan login dengan root
Sekarang, kita akan mengetes apakah masih bisa saya meremote server saya di client ubuntu dengan menggunakan ssh user root, seperti yang kalian liat di atas setelah saya memasukan password root saya tetap gak bisa masuk ke server saya dan memunculkan peringatan permission denied yang berarti kita tidak di berikan permisi atau izin oleh admin nya, nah maka kita telah berhasil mendisable kan login dengan menggunakan user root
D. Kesimpulan
 Dengan kita melakukan pengaturan di atas akan membantu keamanan dari sebuah server kita, maka konfigurasi seperti di atas memang sangat penting dilakukan oleh seorang system administrator
E. Penutup
 Baiklah temen temen, sudah jelas kah pemaparan saya ? kalau sudah jelas mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga ada manfa'atnya,

dari saya di cukupkan sekian
Wassalamu'alaikum wr wb
Share This :
Akmal Taufiq

Penulis adalah seorang Siswa di salah satu SMK di Tasikmalaya yang bernama Akmal Taufiq, Lahir dan bertempat tinggal di Kota Tasikmalaya.