Management user remote server SSH

Management user remote server SSH
Assalamu'alaikum wr wb

A. Pendahuluan
 Selamat datang temen temen, apa kabar kalian ? semoga sehat selalu ya, disini saya akan kembali sharing kepada kalian tentang management user remote server, maksudnya kita akan mengatur user yang akan dan bisa meremote server dengan menggunakan SSH

B. Latar Belakang
 Oke kita akan membahas ssh agar hanya mengizinkan user tertentu saja yang bisa melakukan remote access, emang bisa ? tentu bisa, berikut ulasannya

C. Pembahasan
Temen temen dalam hal ini,kita hanya akan mengizinkan user admin saja yang bisa mengakses server kita, selain user tersebut, tidak akan diperbolehkan melakukan remote access
Perhatikan gambar berikut ini, saya memiliki 2 user yaitu yang pertama dengan nama akmal dan yang ke dua dengan nama admin, sebelumnya semua bisa melakukan remote ke server kita,

1) Masuk ke mode root dan edit konfigurasi ssh pada server degan memasukan perintah nano /etc/ssh/sshd_config

2) Pada bagian paling atas kita masukan teks AllowUsers admin

 3) selanjutnya restart ssh, maka konfigurasi pada server sudah selesai

4) Untuk menguji nya  perhatikan 2 gambar di bawah ini, ketika kita meremote server dengan user akmal maka akses saya di tolak padahal password yang saya masukan itu benar, dan pada gambar berikutnya saya meremote nya dengan user admin dan hasilnya saya bisa masuk ke server tersebut dengan user itu

D. Kesimpulan
 Management user remote ini merupakan salahsatu keamanan yang harus di terapkan oleh seorang administrator server untuk menjaga server nya dengan baik, agar sever kita tidak mudah di masuki oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab

E. Penutup
 Temen temen, Mungkin hanya itu yang bisa saya share kan kepada kalian pada hari ini, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa berguna dan bisa bermanfa'at untuk kita semua,
dari saya di cukupkan sekian, Wassalamu'alaikum wr wb
Share This :
Akmal Taufiq

Penulis adalah seorang Siswa di salah satu SMK di Tasikmalaya yang bernama Akmal Taufiq, Lahir dan bertempat tinggal di Kota Tasikmalaya.