Layer 3 Etherchannel di Cisco

Layer 3 Etherchannel di Cisco
Assalamu'alaikum wr wb

A. Pendahuluan
 Pada kesempatan kali ini kita akan masih di materi Etherchannel, semoga sobat semuanya bisa faham atas apa yang saya sampaikan ini, Oke kita langsung aja ya.

B. Latar Belakang
 Oke temen temen ada yang tau apa itu Etherchannel ? dengan etherchannel bisa meningkatkan kecepatan transfer data loh, bagaimana maksud nya ? perhatikan ulasannya berikut ini,

C. Pembahasan
 Nah bagi yang belum faham akan fungsi dari Ether channel bisa melihat artikel sebelumnya terlebih dahulu tentang Etherchannel laCP dan juga paGP, namun akan saya jelaskan secara singkat juga di sini, perhatikan topologi berikut ini.
 
Seperti gambar di atas pada intinya Etherchannel ini digunakan untuk menghubungkan beberapa link seolah olah menjadi 1 link sehingga akan meningkatkan kecepatan transfer data.

Etherchannel sendiri terdapat 3 Jenis :
• PaGP ( Port Aggregation Protocol ), jenis ini bersifat Cisco Proprietary , artinya hanya bisa dikonfigurasi di perangkat Cisco saja.
• LaCP ( Link Aggregation Control Protocol ) : Jenis ini bisa digunakan untuk semua perangkat , istilahnya itu Open Standar
• Layer 3 Etherchannel : Dikonfigurasikan di Switch layer 3
Sekarang kita akan konfigurasi Layer 3 Etherchannel.

Sesuai namanya untuk layer 3 etherchannel ini kita konfigurasikan di Switch Layer 3. Untuk konfigurasinya mungkin sedikit beda, karena kita harus mematikan switchport nya, dan Untuk topologinya masih sama seperti laCP dan paGP, namun kita ubah switchnya menjadi switch layer 3 .

1). Konfigurasikan etherchannel nya, untuk mode L3 ini kita gunakan mode “on”, lalu kita matikan switchport di setiap interfacenya.


2). Setelah itu kita setting IP untuk interface port-channel nya. Setting ip menjadi 1
network antara Sw1 dan Sw2.


3). Kemudian cek lampu indikatornya, pastikan semuanya berwarna hijau dan silahkan test ping antar switch dan pastikan reply.


D. Kesimpulan
 
 Oke sobat semuanya, bagaimana bisa di fahami ? pada intinya Etherchannel ini memungkinkan beberapa link di jadikan satu, sehingga bisa meningkatkan kecepatan transfer data

E. Penutup
 Mungkin dari saya hanya itu saja pada kesempatan kali ini, semoga ada manfa'atnya.
Dari saya di cukupkan sekian, Wassalamu'alaikum wr wb
Share This :
Akmal Taufiq

Penulis adalah seorang Siswa di salah satu SMK di Tasikmalaya yang bernama Akmal Taufiq, Lahir dan bertempat tinggal di Kota Tasikmalaya.