Apa itu VLAN - Pemahaman Vlan

Apa itu VLAN - Pemahaman Vlan
Assalamu'alaikum wr wb

A. Pendahuluan
 Hai temen temen, apa  kabar kalian ? semoga sehat saja ya, kali ini saya akan memberikan materi tentang pemahaman apa sih itu vlan.

B. Latar Belakang
 Switch, merupakan salahsatu perangkat jaringan yang fungsinya seperti memperbanyak port dari port router sehingga bisa banyak client yang terhubung ke daalam port jaringan router tersebut melewati port port yang ada pada switch secara fisik nya, namun tahukah kamu ternyata switch juga bisa membuat jaringan nya sendiri ?, ya,, dengan metode Virtual Lan solusinya, berikut ulasannya.

C. Pembahasan
 VLAN merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN , Vlan sesuai namanya bisa membuat suatu network secara virtual tanpa  harus menuruti lokasi fisik peralatan, oke untuk lebih jelas nya perhatikan gambar berikut ini


Seperti yang ada di gambar, kita bisa melihat sebuah switch bisa membuat Lokal Area Network (LAN) secara virtual, jadi di dalam gambar tersebut seolah olah terdapat 3 buah switch yang memiliki LAN nya masing masing, namun secara fisik switch tersebut cuma ada 1 dan yang 3 LAN tersebut adalah virtual nya, namun tetap ada dan memang beda network nya.

Teknologi VLAN (Virtual Local Area Network) bekerja dengan cara melakukan pembagian network secara logika menjadi beberapa subnet, dia membagi sebuah broadcast domain yang besar menjadi beberapa broadcast domain yang lebih kecil, vlan mengizinkan membuat beberapa subnet dalam jaringan yang menggunankan switch yang sama, Jadi VLAN dibuat bukan berdasarkan koneksi fisikal namun lebih pada koneksi logikal, yang tentunya lebih fleksibel.

 Tipe Tipe VLAN 

Vlan dapat di klasifikasikan berdasarkan port yang di gunakan , MAC address, dan tipe protokol.
1) Berdasarkan Port
  Keanggotaan pada suatu VLAN dapat di dasarkan pada port yang di gunakan oleh VLAN tersebut, Sebagai contoh pada switch dengan 4 port, port 1, 2, dan 4 merupakan VLAN 1 sedang port 3 dimiliki oleh VLAN 2

2) Berdasarkan Mac Address
   Keanggotaan suatu VLAN didasarkan pada MAC address dari setiap workstation /komputer yang dimiliki oleh user, kelebihannya apabila user berpindah pindah maka dia akan tetap terkonfigurasi sebagai anggota dari VLAN tersebut. Sedangkan kekurangannya bahwa setiap mesin harus di konfigurasikan secara manual , dan untuk jaringan yang memiliki ratusan workstation maka tipe ini kurang efissien untuk dilakukan.
 Contoh :
                 132516617738 --> Vlan
                 272389579355 ---> Vlan 1
                 536666337777 ----> Vlan 2
                 24444125556 ---> Vlan 2

3) Berdasarkan Protocol yang di gunakan
  Contoh : Protocol IP --> Vlan 1
                   Protocol IPX --> Vlan 2

4) Berdasarkan alamat IP subnet
  Subnet IP address pada suatu jaringan juga dapat digunakan untuk mengklasifikasi suatu VLAN
  Contoh : 192.168.10.2 ---> Vlan 1
                   192.168.20.2 ---> Vlan 2

 Perbedaan LAN dan VLAN

Perbedaan yang sangat jelas dari model jaringan Local Area Network dengan Virtual Local Area Network adalah bahwa bentuk jaringan Local Area Network sangat bergantung pada letak/fisik dari workstation, sedangkan Virtual Lan tidak, karena menggunakan koneksi logical, Sedangkan yang menjadi salah satu kelebihan dari model jaringan VLAN adalah bahwa tiap-tiap workstation/user yang tergabung dalam satu VLAN tersebut dapat tetap saling berhubungan walaupun terpisah secara fisik.

D. Kesimpulan
 Dengan menggunakan VLAN, kita dapat melakukan segmentasi jaringan switch berbasis pada fungsi, kita dapat juga mengelola jaringan kita sejalan dengan kebutuhan perusahaan sehingga para pekerja dapat mengakses segmen jaringan yang sama walaupun berada dalam lokasi yang berbeda.

E. Penutup
 Nah temen temen, bagaimana apakah yang saya sampaikan ini mudah di fahami ? semoga saja ya, dan semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfa'at untuk kita semua,

dari saya di cukupkan sekian
 Wassalamu'alkum wr wb
Share This :
Akmal Taufiq

Penulis adalah seorang Siswa di salah satu SMK di Tasikmalaya yang bernama Akmal Taufiq, Lahir dan bertempat tinggal di Kota Tasikmalaya.